Sambal Goreng Bawang Terasi

By | June 14, 2018

Bahan-bahan

  1. 1/4 Cabai merah keriting
  2. 1/4 Cabai Rawit Setan
  3. 1/4 bawang Merah
  4. 2 butir Kemiri
  5. Lengkuas
  6. 1 batang sereh
  7. 1 lembar Daun Salam
  8. Minyak goreng secukup nya
  9. Terasi
  10. Gula putih
  11. penyedap rasa Royco

Langkah

  1. Cabai diulek kasar kalau saya diblender (punya anak bayik jadi gak bisa lama lama di dapur). blendernya asal saja jangan terlalu lama di blender nanti halus cabai cabai nya. saya haluskan kemiri dahulu di blender nya. setelah kemiri halus baru cabai nya saya masukan. inget ya bu ibu asal saja cabai di blender nya.  
  2. Bawang merah di iris tipis lengkuas digeprek sereh nya juga digeprek ya ibu ibu  
  3. Setelah semua selesai, masukan minyak kewajan api nya pakai yg sedang saja ya kemudian jangan terlalu banyak minyak nya, bisa di kira kira aja  
  4. Masukan cabai yg sudah diblender tadi, lalu diaduk aduk kemudian masukan terasi sesuai selera ibu ibu. kemudian aduk aduk sampai terasi nya hancur merata. kemudian masukan bawang merah yg sudah di iris lalu lengkuas, daun salam dan sereh. kemudian beri penyedap rasa, gula dan sasa aduk sampai agak berubah warna sambil cek rasa selera ibu ibu  
  5. Taraaaa ini hasilnya sudah 2x bikin karena bulan puasa jadi saya buat persiapan saya simpen ditoples kecil bekas selai. di colek dengan ikan asin mantul banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *